+62 (0717) 422145
Link Penting UBB

UBB On The Road

Universitas Bangka Belitung On The Road
10 Oktober 2023 | 10:15:30 WIB


POCAT, Hasil Produk PKM-K Mahasiswa UBB Sebagai Nutrisi Tanaman



PKM-K, UBB-- Tim Program Kreativitas Mahasiswa- Kewirausahaan (PKM-K ) Universitas Bangka Belitung (UBB) yang diketuai oleh Nurul Janah Saputri dari jurusan Kimia dengan sebagai anggota Herlina Agustin, Dian Palupi, Ivan Valesco, dan Ardina Pratiwi, serta didampingi Verry Andre Fabiani, S.Si, M.Si. berhasil ciptakan produk POCAT.


POCAT merupakan singkatan dari pupuk organik cair dan padat. Produk ini terbuat dari cangkang telur dan ampas tebu sebagai bahan utamanya. Kemudian diolah dan difermentasikan sehingga menjadi pupuk.

Verry menyebutkan, kandungan kalsium pada cangkang telur yang cukup besar dapat dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi bagi tanaman. Kalsium merupakan suatu zat yang berperan penting dalam pembentukan struktur tubuh, tulang, dan gigi pada manusia dan hewan serta dinding sel pada tanaman.

“Kandungan nutrisi pada ampas tebu sangat baik bagi tanaman. Adapun kandungan dari pupuk organik ampas tebu yaitu karbohidrat, karbon, protein, kalsium, fosfor, zat besi, dan natrium,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua kelompok Nurul menyampaikan, produk POCAT ini hadir dalam bentuk cair dan padat. Keunggulan dari produk ini yaitu terbuat dari 99% bahan organik, mampu merangsang pertumbuhan daun dan memperkuat akar, melipatgandakan hasil panen, mampu menangkal hama tanaman.


“Penggunaan pupuk organik secara teratur dan tepat dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi produktivitas pertanian, keberlanjutan lingkungan, dan kesehatan manusia,” ujarnya.

Sedangkan untuk harganya sendiri di bandrol dengan harga Rp40.000 untuk ukuran 1000 ml dan dengan harga yang sama untuk ukuran 1000 gr. (Tim PKM-K)

Artikel telah terbit di Antarababel edisi 6 oktober 2023

UBB On The Road

Berita UBB

UBB Perspectives